Posted by : Unknown Selasa, 20 Mei 2014



Komputasi Quantum, mungkin sebagian besar orang belum mengenal tentang hal yang satu ini.
Untuk itu penulis ingin memperkenalkan dengan gambaran umum apa yang dinamakan komputasi kuantum itu? Mungkin saat ini kita masih tercengang dengan betapa hebatnya pemanfaatan komputasi awan pada saat ini, tapi untuk dekade yang mendatang orang-orang akan dibuat lebih tercengang dengan kehadiran komputasi quantum. Pernahkah pembaca bayangkan suatu saat pemrosesan komputer kita dapat secepat cahaya? Tentu saja untuk saat ini belum bisa karena perangkat komputasi saat ini belum memungkinkan. Tapi penulis yakin suatu saat jerih payah para ilmuan yang meneliti tentang komputasi quantum akan terbayarkan. 

Komputer quantum (untuk saat ini bisa disebut super komputer quantum) adalah perangkat komputasi yang menggunakan fenomena mekanika quantum seperti superposisi dan belitan,untuk melakukan operasi pada data. yang berarti komputasi ini menggunakan  ilmu fisika karena komputasi ini memanfaatkan kekuatan molekul atom sebagai memori dan prosessor untuk pengolahan tugas, Quantum komputer memiliki potensi untuk melakukan perhitungan tertentu secara signifikan lebih cepat dari pada komputer berbasis silikon . tahukah pembaca jika  teori komputer quantum itu ditemukan 30 tahun yang lalu oleh seorang fisikawan di Argonne National Laboratory, fisikawan ini bernama Paul Benioff . ia berteori tentang menciptakan mesin kuantum Turing, dan  sudah diterapkan pada komputasi saat ini.

 Perlu pembaca ketahui jika komputasi turing sekarang menggunakan bit (0 dan 1) sebagai pemrosesannya tapi beda halnya dengan komputasi quantum , komputasi ini menggunakan qubit. Qubit atau quantum bit adalah unit dasar informasi pada sebuah komputer quantum, jika mesin turing biasa melakukan pemrosesan dengan bit hanya satu waktu , qubit dapat mewakili rangkaian beberapa bit (0 dan 1) sekaligus dan semuanya di jalankan secara bersamaan. Jika dijelaskan dalam bahasa  fisika maka konsep qubit mewakili atom , ion , foton atau elektron. Analoginya  qubit seperti partikel yang sangat kecil (sub atom) pada sub atom ini terdapat bagian-bagian yang berbeda. bagian-bagian ini juga ikut mengalami perubahan partikel , setiap partikel dapat diukur massa dan kecepatannya. perlu diketahui partikel ini bergerak sangat cepat hingga mendekati kecepatan cahaya. Jadi bisa pembaca bayangkan satu atom terdiri dari beberapa sub atom dan sub atom terdiri dari beberapa bagian lagi dan kesemua bagian itu dapat bekerja secara bersamaan.  Jadi kenapa komputasi quantum dianggap lebih baik karena kita dapat mengerjakan banyak tugas yang berbeda-beda dan mempunyai probabilitas yang berbeda pula dalam satu waktu. Bahkan pada artikel yang saya baca di http://computer.howstuffworks.com/quantum-computer1.htm. Sebuah komputer kuantum 30 - qubit akan sama dengan kekuatan pemrosesan dari komputer konvensional yang dapat dijalankan pada 10 teraflops ( triliunan operasi floating -point per detik ) , sungguh luar biasa bukan.

Lalu sampai manakah perkembangan komputer quantum saat ini? Dari sumber yang penulis ketahui (google), perkembangan komputer quantum ini sudah pada tahap pemodelan virtualisasi jadi masih bisa dibilang semi teoritis :D. Salah satu perusahaan yang ikut meneliti komputer quantum ini adalah IBM  penelitiannya sudah dimulai pada tahun 2000 pada saat itu IBM sudah dapat mengembangkan komputer quantum 5 Atom. Untuk pengembangannya dibuat juga bahasa pemrogram khusus untuk komputer quantum yaitu QLC (quantum computing language) bahasa pemrograman ini berlisensi GNU alias gratis jadi para pengembang yang ingin ikut mencoba meneliti komputer quantum dapat menggunakan QLC  sebagai bahan simulasi virtual komputer quantum.

Apa keuntungan komputasi quantum pada kehidpan kita? Banyak sekali keuntungan dari komputasi quantum ini jika sudah direalisasikan seperti :kita dapat lebih mudah melakukan data mining pada data base yang sangat besar , membuat animasi mirip seperti hal nyata,  dapat mengembangkan bidang kriptografi menjadi lebih aman, memungkinkan kita membuat sistem pakar yang akan mendesain hal-hal baru di kehidupan kita, seperti meracik obat-obatan baru, bahkan dengan adanya komputasi quantum memungkinkan kita dapat membuat robot yang mempunyai artificial intelegen setara dengan manusia . 

Demikian pengenalan komputasi quantum yang penulis sajikan, sebenarnya masih banyak lagi pengetahuan yang bisa kita gali dari komputasi quantum ini. artikel ini penulis buat untuk mengenalkan pembaca pada komputasi quantum dan memberikan minat para pembaca untuk terus mencari tahu dan mengikuti perkembangan komputasi quantum.

REFERENSI :
http://en.wikipedia.org/wiki/Quantum_computer
http://computer.howstuffworks.com/quantum-computer.htm
http://www.ibm.com/developerworks/library/l-quant/index.html
http://www.baratamedia.com/read/2013/04/23/20192/ilmuwan-temukan-qubit-spin-prosesor-komputer-quantum
https://uwaterloo.ca/institute-for-quantum-computing/quantum-computing-101

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Watch the best VR Football VR games now on PC
    Best VR Football Games 2021 | Top football games The Best Sports Games Available on Steam · Half-Life Alyx · Echo Arena · youtube mp4 Eleven

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Handbook yudi -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -